Thursday 13 December 2012

5 cm. ‘Sederhana banyak makna’

Tanggal 12, bulan 12, tahun 2012, jam 16.50 di salah satu XXI di kota Tangerang *asik* -_- 5 cm the movie, salah satu dari sedikit film Indonesia yang bener-bener gue tungguin banget ‘kehadirannya’. Dan pastinya gue adalah salah satu dari pembaca novel 5 cm yang seneng banget novel ini bisa diangkat kelayar lebar.

Dan kenapa gue sangat exited banget sama film ini? ya okay mungkin selayaknya sebuah novel yang diangkat ke layar lebar kaya Harry Potter, Twilight saga, walaupun pembacanya udah tahu jalan ceritanya tapi masih aja mau nonton filmnya. Soalnya kan beda,
kalo baca novel kita Cuma bisa menerka-nerka gimana wajah para tokohnya, gimana bentuk tempat kejadiannya, dan tadi pas nonton film 5 cm, gue kaya ngeliat imajinasi gue tertuang didepan layar gede didepan gue…ya seengganya ternyata imajinasi gue masih agak bagus.tapi kayanya gue agak gagal buat ngebayangin Secret Garden dirumah Arial yang ternyata lebih keren difilm daripada bayangan gue. Itu tempaaaaat, emang keliatannya nyaman banget, kalo gue diajak kesana pasti gue ogah pulang :p

Oh iya ada lagi, Mahameru.. Gue tahu di Indonesia banyak tempat-tempat bagus, tapi gue gak tau puncak Mahameru sekeren itu… Dan sekali lagi, untuk Mahameru ini, ternyata lebih bagus aslinya daripada yang gue bayangin.

Untuk novel 5cm nya sendiri, gue ngerasa udah memilih dengan tepat buat ngejadiin novel 5cm ini sebagai bahan buat ujian praktek Bahasa Indonesia gue. Waktu itu gue sama temen-temen sekelas disuruh sama guru bahasa Indonesia kita, bu Latifah buat menganalisis 3 buah novel, yang satu novel non fiksi, yang satu lagi novel fiksi yang beliau tentuin judulnya, yang satu lagi novel fiksi bebas.

Kalo diinget-inget lagi sih waktu itu adalah saat-saat ribet banget deh, kita PM, belajar buat UN, nyiapin macem-macem buat ujian praktek, termasuk nyari novel fiksi yang ditentuin bu Guru, terus nyari novel non fiksi dengan harga terjangkau yang entah kenapa susah banget ditemuin, terus juga nyari novel fiksi dengan judul bebas, ya kalo ini agak gampang sih gue punya beberapa novel fiksi yang tentunya udah gue baca dan bakalan lebih gampang buat dianalisis unsur intrinsiknya. Tapi entah mulainya dari mana, gue malah waktu itu kerumah temen gue Vina yang emang kebetulan punya lumayan banyak novel, dan akhirnya jadi berencana buat minjem ke Vina, lumayan lah buat hiburan juga baca novel ditengah-tengah kesibukan waktu itu *sik :p

Akhirnya gue milih beberapa novel, dan salah satunya ada novel berjudul 5cm. Gue bingung sama judulnya maksudnya apaan? Gue nanya dong sama Vina sang empunya novel, dia Cuma bilang, “tentang persahabatan gitu, bagus kok” Akhirnya gue makin penasaran dan gue pinjem lah novel 5cm nya. Gue baca halaman perhalaman, gue analisis satu persatu mulai dari penokohannya Genta, Arial, Ian, Zafran, Arini, Dinda yang agak ajaib-ajaib. Terus lanjut ke Latar waktu, latar tempat, latar suasana, alur ceritanya, sudut pandang, bikin sinopsis pake bahasa gue sendiri. Bener-bener waktu itu sekitar 2 hari abis pulang sekolah ya Cuma ngutak-ngatik novel 5cm ini.

Hari eksekusi pun tiba. Re: Hari dimana gue harus ngasih tugas akhir ujian praktek bahasa Indonesia gue ke bu Latifah plus dibacain depan beliau. Dan waktu itu ngebacainnya diruang guru yang lagi agak sepi, gue pun mulai nyeritain inti dari cerita 5 cm ini.

“ya jadi tentang persahabatan bu, ada 5 orang Ian, Zafran, Arini, Genta, sama Arial. Mereka baik-baik aja sahabatan sampe akhirnya mereka mutusin buat gak ketemu dulu selama 3 bulan, abis itu…..” Pokonya gue cerita sampe keseruan mereka naek puncak Mahameru, belom selesai beliau nanya.

“kalo konfliknya dalam novel ini seperti apa?”

“dari yang saya baca sih bu, dinovel ini tidak ada konflik yang berantem-berantem gitu bu, gak ada konflik fisik, sosial atau yang lainnya. Konflik di novel ini lebih ke konflik batin. Tentang perasaan cinta, tentang permasalahan para tokoh dengan dirinya sendiri dan urusan mereka pribadi, Ian dengan skripsinya, Arial dengan masalahnya yang selalu kaku didepan perempuan, Zafran dengan perasaan cintanya pada Dinda, Arini dengan perasaan cintanya pada salah satu sahabat baiknya, Genta dengan perasaan sukanya pada Arini. Jadi kalo ditanya konflik, ya dalam novel ini lebih kepada konflik batin atau perasaan seseorang”

“Terus 5cm itu maksudnya apa?”

Nah! Pertanyaan yang gue tunggu-tunggu!

“nah itu dia bu, tadinya saya juga bingung 5cm itu maksudnya apa, tapi ternyata jawabannya ada diakhir cerita, mereka itu kan anak muda yang sahabatan berlima dengan mimpi mereka masing-masing, mereka gak mau Cuma jadi seonggok daging yang gak berguna, mereka mempercayai mimpi mereka. Jadi ketika kalian mempunyai mimpi, kalian tidak boleh meletakkannya menempel didahi kalian, tapi biarkanlah mimpi kalian itu menggantung 5 cm di depan kalian, agar kalian bisa terus mengawasinya dan berusaha untuk mencapainya” Kata gue sambil meragain dengan jari telunjuk gue, persis kaya yang bang Zafran lakuin di film 5cm tadi. Uhuy.

“oh oke bagus”

Dan pertanyaan buat gue pun selesai. Dan pas gue liat gue dapet nilai 80! bukan 90 atau 100 sih, tapi nilai ini sangatlah lumayan kalo yang ngasih itu bu Latifah yang emang peeeeelit banget sama nilai, dan kalo gak salah waktu itu beliau ngasih nilai paling tinggi 80 dan salah satunya ke gue. Haaa lega aja gitu guys, perjuangan gue Selama 2 hari bercengkrama sama novelnya ka Donny ini gak sia-sia ;)

Itu juga kenapa waktu tau novel 5cm ada filmnya, gue langsung agak heboh ngasih tau kakak gue, dan temen gue si Ervina Dayanthi si empunya novel 5 cm. Menurut gue cerita 5 cm ini sebenernya sederhana banget, Cuma tentang persahabatan, cinta, dan petualangan yang gampang banget kita temuin dikehidupan sehari-hari. Tapi yang sederhana ini yang justru ngena banget! Ceritanya mudah dimengerti dan banyak banget pesan secara langsung ataupun gak langsung yang bisa kita ambil, pesan yang baik untuk para pemuda Indonesia. Cerita sederhana yang banyak makna. Dan yang jelas, novel 5 cm itu udah gue anggap kaya benda bersejarah dalam kehidupan gue. Benda bersejarah pada saat gue menuju jalan kelulusan gue pas SMA. Benda bersejarah yang akan selalu gue kenang! Benda bersejarah dengan sampul sederhana dengan cerita luar biasa! Benda bersejarah yang.. Oke cukup gue mulai ngerasa lebay kaya bang Zafran-_-

oke gue rasa cukup. pokoknya intinya gue suka sama cerita 5cm ini. Dan buat lo yang ngerasa anak muda dan belom nonton film 5 cm ini, buruan deh nonton. Gue jamin ini bukan sekedar film lucu-lucuan, atau cinta-cintaan apalagi setan-setanan doang kaya film Indonesia pada umumnya. Tapi diifilm ini, lo bisa nemuin, kisah tentang persahabatan, cinta, dan cita-cita. Dan gue gak bohong, Mahamerunya keren banget! Bikin pingin banget naik gunung! ;;)

No comments:

Post a Comment