Friday 8 March 2013

Soto Banjar :9


Haaaaa! udah lama ga nge-post :D Postingan pertama gue di tahun 2013 ini, gue mulai dengan yang enak-enak dulu nih. Kita kulineran yah :p Sebagai info *yang mungkin gak penting* tp gue adalah pecinta makanan, gue suka banget nyobain makanan-makanan baru... ya intinya gue suka makan lah titik.

Mungkin makanan yang bakalan gue bahas kali ini adalah makanan yang masih asing bagi sebagian orang. Karena memang nyatanya, soto yang satu ini tidak sepopuler kawanan soto yang lainnya. seperti soto betawi, soto ayam surabaya, soto padang, atau coto makasar misalnya.

Kenapa gue bilang tidak terlalu populer, karena memang khususnya di Jakarta, gue cukup sulit untuk menemukan makanan enak ini, udah gitu banyak temen gue yang gue tanya tentang soto banjar ini dan banyak diantara mereka yang bahkan gatau sama sekali -_-
menurut info sih, ada penjual soto banjar yang penjualnya memang asli orang banjar, dan lokasi tempat makannya itu ada di....bogor. Agak jauuuuh kan ya.. Tapi ada info baru, katanya ada juga penjual soto banjar di deket gedung DPR. Tapi belom pasti juga tempatnya dimananya. Tapi perlu dicari deh nanti :D

Gue sendiri adalah orang Banjarmasin, ya gue lahir di Jakarta sih, tapi mamah dan papah gue asli orang sana, dan keluarga nyokap gue semuanya disana. Sebenernya banyak loh makanan khas banjar yang mungkin kalo gue bukan orang banjar dan gak pernah kesana gue gak tahu sama makanan-makanan enak itu. Karena sama hal nya kaya soto banjar, beberapa makanan khas sana itu gak terlalu dikenal orang, khususnya di Jakarta ya. Nanti gue bakalan bahas satu-satu deh tentang makanan-makanan itu, tapi kali ini gue bahas khusus soto banjarnya dulu yah :9

Jadi, soto banjar itu adalah soto khas suku banjar, Kalimantan Selatan. Bahan utamanya ayam, biasanya digunakan ayam kampung, soto banjar ini aroma rempah-rempahnya kuat banget, bikin selera makan nambah lah pokonya kalo udah nyium aromanya :9
Rempah-rempah yang digunakan itu seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Bisa dilihat digambar, tampilan sotonya sih hampir sama aja kaya soto ayam yang lain, tapi yang ngebedain dengan soto yang lain ya tentu aja bumbunya, soto banjar ini gak pake kunyit. Dan kebetulan rumah tante saya yang dibanjarmasin itu, didepan rumahnya ada penjual soto jadi kemaren waktu saya kesana, sempat tanya-tanya sedikit. Jadi kuah sotonya yang merupakan air hasil rebusan ayam yang dicampur dengan rempah-rempah itu dicampur juga sama kuning telur rebus ayam kampung sebelum disajikan. Jad kuahnya terlihat lebih kental dan seperti pakai santan tp padahal tidak sama sekali.

Seperti digambar, soto banjar ini disajikan dengan ketupat, ayam yang sudah di suwir-suwir, perkedel, telur rebus yang sudah dipotong dan disiram dengan kuah kaldu ayam+rempah-rempah, ditambah bawang goreng, kecap asin kalau suka, jeruk nipis haaaaaa lapeeeeeeer -____-

Yang jelas ini adalah salah satu makanan Indonesia favorit gue. Dan beberapa orang yang gue kenal dan baru makan soto banjar ini sekali, tapi mereka langsung ketagihan :D
kalian belum pernah coba? Kalau ada kesempatan, silahkan dicoba deh ya... dijamin enak hihi :9






2 comments:

  1. Hai nayaaaa! Nemu blog lu nih pas iseng ngesearch nama gue di google eh nongol blog lu yg ttg 5 cm haha

    Nay ngiler nih gue jadinya hahahahah ayolah ajak yg lain makan soto banjar ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha ah elu nemu aje lagi :p boleh pin, tp dijakarta gue belom nemu tukang jualannya. ke banjarmasin dulu lah ayuk ;)

      Delete