Thursday 9 August 2012

Tips "menjaga" Hamster :)

Kali ini gue mau berbagi cerita sedikit tentang Hamster gue. Hamster gue itu jenisnya campbell. Awalnya sih cuma dikasih sepasang sama temen kakak gue, dan awalnya juga rasanya tuh semangaaaaat banget buat meliharanya.

Sebenernya sih ini bukan kali pertama gue melihara hamster, dulu waktu SD pernah melihara hamster, tapi malangnya sepasang hamster itu mati tanpa punya anak, dan cukup mengenaskan -_- ya karna jaman SD jadi asal aja, ngasih makanan sayuran hijau lah, wortel ya pokonya segala jenis sayuran gue kasih! terlebih lagi hamster gue dulu yang bernama romeo dan juliet itu dimandiin. pake air. terus juga kandangnya ga pake serbuk kayu atau pasir sama sekali. poor them :(
kalau tidak salah awalnya yang mati cuma satu, terus beli lagi satu hamster. sampai akhirnya gue cape ngurusnya (sebenernya sih yang ngurusin nyokap)wkwk :Dv jadi dikasih deh hamsternya ke sepupu gue...

oke lanjuuut, jadi gue melihara hamster dari tanggal 29 Januari 2012 dan sampai sekitar 8 bulan kurang memelihara, hamster gue sudah memproduksi anak sebanyak 19 ekor! dalam 4 kali melahirkan! masih dikit sih karna ada temen gue yang hamsternya sekali melahirkan 12 ekor! *agak mupeng* tapi sayangnyaaa sekarang yang benar-benar tersisa tinggal 4 ekor T_T tak lain dan tak bukan ya gara-gara si pemiliknya ini yang kurang mengurusnya, maklum beberapa bulan terakhir ini lebih sibuk kerja jadi kalo dirumah bawaannya cuma mau istirahaaaat ;) dimaafkan ya? :p

jadi mau berbagi tips aja supaya hamster kalian tidak bernasib naas seperti hamster gue :))
ini dia tips dari gue, berdasarkan pengalaman T_T :

1. jangan sekali-kali lupa ngasih mereka makanan, soalnya kalo udah laper banget mereka akan bener-bener jadi cruel, saling nyerang dan saling bunuh.
makanan mereka lebih baik beli di petshop yang berisi biji-bijian dan biasanya lemak hewani atau semacam pelet yang buat makanan ikan. jangan terlalu banyak dikasih biji bunga matahari! mereka suka banget sih, tapi ga baik buat tubuh hamster terutama yang betina karena bikin gemuk, nanti bisa jadi kolestrol atau ga sekseh lagi kalo kegemukan (?) jangan dikasih sayuran hijau juga! itu bukan makanan hamster. kalo sekarang kalian bilang hamster kalian baik-baik saja, tapi kita gatau nantinya..karna sayuran hijau bisa bikin hamster kotorannya berair dan pencernaannya terganggu..gue bukan dokter hewan sih tapi sering baca tentang ini :3 kalau kepepet biasanya gue ngasih toge.

2. minuman juga penting! buat yg belum punya tempat minumnya, silahkan deh di beli ditempat kamu beli kandang hamsternya biasanya mereka menyediakan yg kecil harganya cuma Rp. 5000an kok :)

3. alas kandang! ini dia yang *buat gue juga ga kalah penting. biasanya alas untuk hamster itu ada serbuk kayu dan pasir. nah serbuk kayu juga ada yang macem-macem saran aja sih ini, lebih baik beli yang khusus buat alas kandang hamster yang biasa dijual di petshop, soalnya kalo yg khusus untuk alas itu bebas dari bahan kimia, kalo yang lain takutnya sudah tercampur bahan kimia dll. Yang pasir juga gitu! ada bermacam-macam tekstur, ada yang masih berbentuk krikil2 kecil, yang teksturnya sedeng dan yang tottaly kaya pasir pantai. keuntungan yang gue rasain kalo make pasir itu bau dari kandang lebih berkurang daripada pake serbuk kayu, dan lebih gampang dibersihin. tapi saran gue jangan pake yang pasir bertekstur kerikil! apalagi buat hamster yang baru melahirkan, anak hamster gue mati 4 ekor gara-gara ketimbun sama kerikil-kerikil itu.. agak ngenes ini, masalahnya waktu itu gue baru beralih dari penggunaan serbuk kayu ke pasir eh jadinya malah gitu T_T jadi mendingan nyari aman, pake aja pasir yang halus dan dicampur pake serbuk kayu sedikit supaya hamster kita lebih nyaman :)

4. punya mainan roda putar didalam kandang! sepele sih, tapi menurut penelitian gue *asik* hamster yang dikandangnya ga ada mainan roda puternya akan jadi hamster yang males, ga semangat, dan gemuk! jadi ya kalo yang dikandangnya udah ada roda puternya jangan dikeluarin! biarkan hamstermu bermain sob o:)

5. kebersihan kandang! kandang hamster biasanya harus dibersihkan minimal 1 minggu sekali, kalo udah lebih lama dari itu silahkan kalian bayangkan sendiri aroma tak sedap yang terpancar dari kandang hamster kalian!(sebenernya gue pernah ga bersihin kandang hamster selama 3 minggu lebih, iya gue tahu gue jahat, tp jangan hakimi gue oke?) :3 jadi ya bersihkan kandangnya dan ganti alasnya.

6. Jangan mandikan hamster dengan air. menurut artikel yang pernah saya baca (tp saya lupa dimana) hamster itu kan binatang gurun, jadi mereka tidak terbiasa dengan air. kalau dimandikan pakai air mereka akan kedinginan. mereka juga jangan sampai terjemur matahari langsung ya! hamster teman saya Apiek Linova, mati karna dijemur tanpa sengaja ditaman depan rumah -_-

7. lagi-lagi menurut pengamatan gue, hamster gue ini bukan tipe hamster yang suka memakan anaknya sendiri. karna waktu gue cuma punya satu kandang gue pernah nyatuin betina dan jantannya beserta anak-anak mereka didalam satu kandang. dan tidak terjadi apa-apa. malahan jantannya tidur diatas roda putar sedangkan betinanya menyusui anaknya dibawah :3 tapi memang sarannya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan demi ketenangan sang betina dalam menyusui anak-anaknya ya jantannya dipisah aja deh ya :))

yak! segitu aja tips dari gue berdasarkan pengalaman pribadi. pengalaman gue yang hamsternya udah mati 17 :"( ya kita sama-sama belajar dari kesalahan deh yaaa :) sebenernya ga terlalu susah sih ngurusin hamster tp saran lagi nih, kalau mau melihara hewan bukan cuma hamster aja, kayanya kalo kita ga punya banyak waktu buat care sama hewan kita, mendingan gausah melihara... kasian hewannya :( udah gitu, gue emang penyebab matinya hamster yang 17 itu. gara-gara kelalaian gue ga ngasih makan bersihin kandang dsb. tapi beneran deh nyeseknya berasa waktu gue tau mereka mati, gara-gara kelalaian gueeee.... sekarang hamster gue lebih banyak diurus sama nyokap, jadi kayanya gue berencana mau mengakhiri penderitaan mereka dengan ngasihin mereka ke orang yang bener-bener mau rawat....
semoga tips diatas bermanfaat ;)

No comments:

Post a Comment